HUT KE-73 REPUBLIK INDONESIA

#KerjaKitaPrestasiBangsa; #JayalahNegeriku! Dirgahayu Republik Indonesia!

Tak terasa sudah 73 tahun Indonesia merdeka. Sudah 73 tahun yang lalu para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini demi kebebasan yang kita dapat hari ini. Sudah sepatutnya kita sebagai rakyat yang menikmati hasil perjuangan hingga kini, mengenang jasa-jasa mereka sebagai pembela negara.

Langkah yang tak sulit dilakukan adalah melakukan Upacara Peringatan Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus dalam rangka merayakan kemerdekaan serta menghargai jasa pahlawan. Begitu juga dengan SMA Negeri 2 Tambun Selatan yang tak pernah kelewatan melakukan hal wajib tersebut. Pagi tadi pada pukul 7, Upacara Peringatan Kemerdekaan dilaksanakan tepat di lapangan SMA Negeri  2 Tambun Selatan.

Pemimpin upacara memasuki lapangan untuk mengambil alih komando juga memulai proses upacara, baru setelahnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawahnya berharap segala rangkaian upacara berjalan lancar. Laporan bahwa upacara akan segera dimulai dilakukan setelah Pembina upacara memasuki podium oleh pemimpin upacara.

Puncak prosesi upacara, yaitu pengibaran Sang Saka Merah Putih diawali dengan Pasukan Pengibar Bendera yang memasuki lapangan, tak lupa membuka barisan untuk pembawa baki dan pengerek bendera. Setelah itu, pengibaran bendera diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh Tim Paduan Suara serta hormat dari seluruh peserta upacara pun dimulai. Syukron, pengibaran bendera berjalan lancar.

Setelah Pasukan Pengibar Bendera meninggalkan lapangan upacara, susunan acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta guna mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Selanjutnya pembacaan teks proklamasi oleh Bapak Masduki,S.Pd, MM, pembacaan pancasila oleh Pembina upacara, Bapak Iyan Alfiyan, S.Pd, MM, pembacaan Pembukaan UUD 1945, dan pembacaan janji siswa, kemudian penyampaian amanat Pembina upacara.

Tentunya, proses acara belum selesai sampai di situ! Masih ada sesi menyanyikan lagu nasional Hari Merdeka dan Mars SMAN 2 Tambun Selatan oleh Paduan Suara. Upacara bendera diakhiri dengan pembacaan doa guna berterimakasih dan bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan kepada seluruh peserta karena telah diizinkan mengikuti Upacara Peringatan Kemerdekaan serta telah diberi kelancaran dalam proses upacara.

Bangsa kita adalah bangsa yang ramah, yang senantiasa tersenyum manis menyambut keadilan dan kehormatan dari bangsa lain. Negara kita adalah negara yang kaya, yang senantiasa dilebihkan kelapangan dadanya menerima caci maki pertikaian dari negara lain. Tapi hendaknya kita tak pantas merasa puas akan hal itu jika masih saja secara tidak langsung memecah belah persatuan sedikit demi sedikit. Alangkah baiknya kita bersama-sama mempertahankan kesatuan dan persatuan NKRI, dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Selamat ulang tahun Indonesiaku, doaku selalu menyertaimu.(*sap