BIMBINGAN KARIER SMAN 2 TAMBUN SELATAN

TEAM BP/BK SMANDA TAMSEL

Selamat datang di halaman khusus BP/BK sekolah kami. Siswa bisa mendapatkan berita terbaru seputar dunia kampus pada halaman ini, kalian juga bisa berdiskusi langsung dengan Guru BP sekolah kita, untuk menambah pengetahuan tentang dunia kampus serta yang berhubungan dengan PMDK. Silahkan pilih menu dibawah ini, dan bisa juga menghubungi Guru Team BP/BK sekolah kita, untuk mendapatkan berita terkini.

Visi, Misi dan Tujuan Bimbingan Konseling SMA Negeri 2 Tambun Selatan

Visi Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 2 Tambun Selatan

            Visi pelayanan konseling adalah ”Terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar peserta didik berkembang secara Optimal, Mandiri dan Bahagia yang selalu berlandaskan Ketaqwaan terhadap Allah S.W.T ”.

      Misi Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 2 Tambun Selatan

a.   Misi Pengembangan Pribadi – Sosial, yaitu memfasilitasi pengembangan peserta didik melalui pembentukan perilaku afektif-normatif dalam kehidupan keseharian dan masa depan, mampu meyelesaikan permasalahan dengan didasari Ketaqwaan Kepada Allah S.W.T

b.   Misi Perkembangan Akademik, yaitu memfasilitasi pengembangan potensi dan kompetensi peserta didik di dalam lingkungan sekolah/madrasah, keluarga dan masyarakat sehingga peserta didik dapat beraktualisasi diri dan mandiri.

c.   Misi Perkembangan Karier, yaitu memfasilitasi dan membantu dalam bersikap kreatif terhadap pengambil keputusan karier.

TUJUAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI 2 TAMBUN SELATAN

Tujuan layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 2 Tambun Selatan secara umum adalah didasarkan kepada upaya pencapaian tugas perkembangan, pengembangan potensi, dan pengentasan masalah-masalah konseli. Pendekatan komprehensif ini menekankan kolaborasi antara konselor dengan para personil sekolah, orang tua peserta didik, dan pihak-pihak terkait lainnya (seperti instansi pemerintah/swasta dan para ahli : psikolog dan dokter ataupun pihak lain yang terkait). Pendekatan ini terintegrasi dengan proses pendidikan disekolah secara keseluruhan dalam upaya membantu para peserta didik agar dapat mengembangkan atau mewujudkan potensi dirinya.

Adapun rincian tujuan layanan Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 2 Tambun Selatan adalah:

Bidang LayananRumusan KebutuhanRumusan Tujuan Layanan
PribadiKelas X: Pemahaman diri   Pemahaman tentang psikologi remaja        
Kelas XI: Kepercayaan diri yang tinggi   Problem solving   Menumbuhkan jiwa kepemimpinan sejak dini    
Kelas XII: ESQ mendasari perencanaan masa depan   Pemahaman minat diri   Kemampuan khusus (bakat)   Pemahaman Kepribadian  
Kelas X: Peserta didik/konseli mampu memahami diriPeserta didik/konseli memiliki kemampuan dalam memahami diri dan berkembang sesuai tugas perkembangannya    
Kelas XI: Peserta didik/konseli memiliki kepercayaan diri yang tinggiPeserta didik/konseli mampu menyelesaikan masalahnyaPeserta didik/konseli mampu memiliki jiwa kepemimpinan sejak dini  
Kelas XII: Peserta didik/konseli mampu memiliki perencanaan masa depan yang baikPeserta didik/konseli dapat memahami minat diriPeserta didik/konseli  mampu mengembangkan bakat yang dimilikiPeserta didik/konseli dapat memahami kepribadian
SosialKelas X: Orientasi sekolah     Memahami nilai-nilai dalam kehidupan   Membina hubungan dengan saudaraMemiliki pemahaman dan cara bersikap melalui pendidikan budi pekertiKeterampilan dalam mengantisipasi fenomena kehidupan di masyarakat    
Kelas XI: Keterampilan komunikasi efektif antar pribadi   Remaja dan rokok Penyalahgunaan NAPZA      
Kelas XII: Interaksi dengan teman sesuai dengan etika dan norma
Kelas X: Peserta didik/konseli dapat menyesuaikan diri dengan sekolah   Peserta didik/konseli dapat memahami sistem etika dan nilai dalam kehidupanPeserta didik/konseli dapat membina hubungan baik dengan saudaraPeserta didik/konseli memiliki budi pekerti yang baik   Peserta didik/konseli memiliki keterampilan dalam mengantisipasi fenomena kehidupan di masyarakat    
Kelas XI: Peserta didik/konseli memiliki keterampilan komunikasi efektif antar pribadiPeserta didik/konseli mampu menghindari konsumsi rokokPeserta didik/konseli mampu bergaul secara sehat tanpa NAPZA    
Kelas XII: Peserta didik/konseli dapat berinteraksi dengan teman sesuai dengan etika dan norma
BelajarKelas X: Hak dan kewajiban siswa     Memahami cara belajar efektif dan efisien   Memahami peranan IQ, EQ, SQ, dan AQ dalam belajar  
Kelas XI: Belajar yang efektif dan efisien   Kelas XII: Kemampuan Akademik (Kognisi)   Kemampuan Umum (IQ)
Kelas X: Peserta didik/konseli mampu memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannyaPeserta didik/konseli dapat belajar dengan efektif dan efisienPeserta didik/konseli dapat memahami peranan IQ, EQ, SQ, dan AQ dalam belajar   Kelas XI: Peserta didik/konseli mampu memahami startegi belajar yang efektif dan efisien  
Kelas XII: Peserta didik/konseli memahami strategi belajar yang efektifPeserta didik/konseli memahami kemampuan umum yang dimiliki dan mengembangkannya
KarirKelas X: Pengenalan perguruan tinggi   Pemahaman tentang filosofi dan etos kerja  
Kelas XI: Orientasi perguruan tinggi     Pemahaman tentang pendidikan, pekerjaan, dan karir    
Kelas XII: Orientasi dan aspirasi jabatan karir   Analisis SWOT dalam pengambilan keputusan     Tindak lanjut
Kelas X: Peserta didik/konseli dapat memiliki pemahaman tentang perguruan tinggiPeserta didik/konseli memahami tentang filosofi dan etos kerja  
Kelas XI Peserta didik/konseli memahami tentang perguruan tinggi   Peserta didik/konseli mampu memahami tentang pendidikan, pekerjaan, dan karir   Kelas XII: Peserta didik/konseli mampu memahami orientasi dan aspirasi jabatan karirPeserta didik/konseli memiliki pemahaman mengenai jurusan di perguruan tinggiPeserta didik/konseli memahami prosedur langsung pendaftaran perguruan tinggi